pengertian globalisasi dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia


Hasil gambar untuk gambar globalisasi
Kamu tentu tidak asing lagi mendengar kata GLOBALISASI. Akan tetapi , tahukah kamu arti globalisasi? Apakah kamu menyadari bahwa sekarang ini kita hidup dalam era globalisai? Berbagai kemudahan dan kecepatan dalam berkomunikasi tentu telah kamu rasakan. Nah, untuk mengetahui arti globalisasi dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia, simaklah uraian berikut ini :
  1. Pengertian Globalisasi
Pengertian globaisasi ada bermacam-macam. Kamu akan lebih mudah memahami pengertian globalisasi dengan mencermati pengertian globalisasi secara umum dan pengertian globalisasi menurut para ahli berikut ini.
  1. Pengertian secara umum
Globalisasi berasal dari kata globe dan ization. Globe diartikan sebagai bola bumi atau peta bumi yang bulat. Kata globe kemudian berubah menjadi global. Artinya, secara umum dan keseluruhan, secara bulat atau bersangkut paut mengenai dan meliputi seluruh dunia. Sementara itu kata mengglobal diartikan meluas ke seluruh dunia atau mendunia. Berdasarkan akar katanya, globalisasi diartikan sebagai proses mendunia.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi globalisasi berasal dari kata “global” yang berarti meliputi seluruh dunia. Globalisasi dapat diartikan sebagai proses masuk ke ruang lingkup dunia. Glonbalisasi juga diartikan sebagai istilah untuk menjelaskan perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan perekonomian dunia akibat adanya pertukaran budaya dan perdagangan antar negara. Perubahan yang terjadi meliputi berbagai bidang kehidupan
Berdasarkan uraian diatas dapat diartikan sebagai suatu proses meluasnya pengaruh budaya ke penjuru dunia. Globalisasi mengandung pengertian suatu fenomena khusu dalam peradaban manusia yang terus bergerak menuju kehidupan masyarakat global dan menjadi bagian dari proses mengglobal.
  1. Pengerttian menurut ahli
1.       Menurut Emanuel Ritcher, ahli politik dari jerman, globalisasi adalah suatu jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan negara
2.       Menurut Malcon Waters, profesor sosiologi dari universitas Tasmania, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berkaitan bahwa pembatasan geografis pada keadaaan sosial budaya menjadi kurang penting yang terjelma dalam kesadaran orang
3.       Menurut Thomas L. Friedman, jurnalis dari Amerika Serikat, globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi . dimensi ideologi adalah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang menyatukan
                                                            


  1. Gejala dan saluran globalisasi
Globalisasi membuat mobilitas manusia semakin tinggi karena manusia bebas untuk berkomunikasi dengan siapa pun dan dapat melakukan perjalanan ke negara manapun yang diinginkan. Keadaan inilah yang menjadikan dunia semakin tidak mengenal batas.
a.       Gejala globalisasi
Memurut Sartono Kartodirdjo, sejarawan indonesia, proses globalisasi sebenarnya merupakan gejala yang telah ada sejak zaman prasejarah. Peristiwa sejarah dunia yang menunjukkan proses globalisasi antara lain:
1). Ekspansi Eropa dengannavigasi dan perdagangan
2). Revolusi industri yang mendorong pencarian pasaran hasil industri
3). Pertumbuhan kolonialisme dan imperialisme
4). Pertumbuhan kapitalisme
5). Penimgkatan telekomunikasi dan transportasi
        b.    Saluran Globalisasi
proses globalisasi ini akan terus berlanjut karena didukung oleh saluran-saluran globalisasi. Saluran globalisasi yang dapat mendukung proses globalisasi sebagai berikut :
1)      Perdagangan antar negara
2)      Sistem komunikasi dan transportasi
3)      Kerjasama antar negara
4)      Migrasi internasional
5)      Media masssa
6)      Pariwisata internasional

  1. Arti penting globalisasi
Globalisasi memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, yaitu kita dapat mengambil manfaat dari globalisasi dan menerapkannya di Indonesia. Manfaat globalisasi antara lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempermudah arus modal dari negara lain, dan meningkatkan perdagangan Internasional. Globalisasi memiliki nilai-nilai positif dan negatif. Untuk menyaring nilai-nilai globalisasi, kita harus berpedoman pada nilai-nilai Pancasila karena nilai-nilai pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "pengertian globalisasi dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia"