KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING/ONLINE)

Hasil gambar untuk gambar komunikasi daring
kali ini KTTP ingin berbagi info tentang komunikasi daring (online ) ...berikut infonya ...
1. Pengertian Komunikasi
Komunikasi telah digunakan sejak manusia pertama diturunkan ke muka bumi. Para ahli
memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut.
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain
dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang
tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau
sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke
orang lain (Handoko, 2002 : 30).
Beberapa fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut.
 Sebagai informasi komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan
kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
 Sebagai kendali komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara,
setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh
karyawan.
 Sebagai motivasi: komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada
para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan
untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
 Sebagai pengungkapan emosional: bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial,
komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan
dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai
alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.
2. Jenis Komunikasi
Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.
a. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu
diucapkan, maupun ditulis.
b. Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau
gerak isyarat (gesture), atau gambar.
3. Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring
Setelah memahami makna komunikasi, sampailah kita pada Komunikasi Daring. Istilah
Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui / menggunakan jaringan
komputer. (Warschauer, M. 2001 pp. 207-212)
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan
penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya
(cyberspace). Komunikasi virtual pada abad ini dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja. Salah satu
bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup
efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo
Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter.
4. Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring
Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasikonvensional,
antara lain sebagai berikut.
 Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan
komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki
sarana yang mencukupi.
 Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang
berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya
transportasi.
 Efisiensi waktu komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan
perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua
pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
 Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan
layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan
yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
 Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia
nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
 Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat
berpartisipasi dalam diskusi.
Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
 Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relative
sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
 Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya
hardware, software.
 Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang di
dapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
 Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat
mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
5. Jenis komunikasi daring
Penggunaan jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Terdapat 2 jenis
komunikasi daring
a. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer
sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron
antara lain sebagai berikut: text chat, video chat.
b. Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer
dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi
visual, serta membacadan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
6. Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen
komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.
 Komponen perangkat keras (hardware)
 Komponen perangkat lunak (software)
 Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING/ONLINE)"