Contoh resensi KOMIK



Sang Petinju Ippo dan Kawan-kawan
Oleh : Rizky Syarif Hidayatullah

Identitas Buku                        :

 
Judul Buku                  : FIGHT !! IPPO vol. 99
Pengarang                   : Morikawa, Joji
Penerbit                       : PT. Elex Media Komputindo
Tahun Terbit                : 2014
Tebal Buku                  : 100 Halaman
Ukuran Buku              : 18 x 12 cm
ISBN                           : 978-602-02-4074-9
Harga Buku                 : Rp. 20.000,-


     Joji Morikawa lahir 17 Januari 1966 di Tokyo adalah seorang penulis manga jepang laki-laki yang yang dikenal untuk berjalan lama seri FIGHT !! IPPO. FIGHT !! IPPO adalah manga tinju, mengikuti karakter pertama, melalui hidup dan tinju karirnya. FIGHT !! IPPO, pada Februari 2012, memiliki 93 tankobon, atau volume, dan diadaptasi menjadi serial anime pertama pada tahun 2000 oleh studio Madhouse. Seri pertama berisi 76 episode, sedangkan seri kedua, yang dimulai pada tahun 2009, berisi 26 episode, seri ketiga diproduksi pada tahun 2013 dan berisi 25 episode.


     Komik ini menerangkan bahwa pertandingan penentuan Speed King dimulai dengan adu kecepatan antara Manabu dengan Takuma. Pukulan demi pukulan dilepaskan sambil mengelak selama bergerak dengan kecepatan tinggi. Adu kecepatan yang seimbang ini pun ternyata tidak sesuai yang terlihat pada rounde pertama.
     Pada rounde kedua,permainan semakin sengit, pukulan demi pukulan di lepaskan. Tetapi pada rounde ini, Manabu tertipu oleh pukulan Takuma, sehingga Manabu tidak konsentrasi lagi dan yang menguasai jalannya pertandingan adalah Takuma. Pukulan demi pukulan Takuma ditujukan kepada Manabu, sehingga membuat mata kanan Manabu menjadi tidak dapat melihat. Wasit pun menengahi dan lonceng pun berbunyi, tanda rounde kedua berakhir.
     Ketika istirahat, Shinoda (pelatih Manabu) memberikan strategi baru yaitu Ali Shuffle. Ali Shuffle adalah teknik semacam showman step yang dilakukan agar membuat lawannya down. Akhirnya pun konsentrasi dari Takuma menjadi kacau dan pada saat inilah Manabu menyerang, pukulan demi pukulan keras yang dilakukan oleh Manabu, sehingga membuat dirinya unggul.
    

     Kekurangan dari komik ini adalah tidak cocok dibaca oleh anak-anak karena menghadirkan beberapa kekerasan yang tidak untuk ditiru oleh anak-anak. Dan dalam komik ini memhadirkan suasana yang tegang dan hanya sedikit komedinya. Gambar-gambaran dalam komik ini juga kurang baik karena pada gambarnya, komik ini terbilang sederhana, masih mencirikan komik tempo dulu.
     Tetapi selain memiliki kekurangan, komik FIGHT !! IPPO ini juga memiliki kelebihan yaitu menghadirkan komik untuk pembaca dewasa dengan menampilkan tema dewasa, alur cerita yang lebih kompleks, dan lebih menantang. Walaupun komedi dalam komik ini sedikit, tetapi seru untuk dibaca Dan ukuran bukunya tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dibawa
     Hasil perbandingan komik FIGHT !! IPPO dengan komik OLE ! adalah : Komik FIGHT !! IPPO menceritakan tentang seseorang yang bercita-cita menjadi petinju yan hebat dengan berusaha sendiri, sedangkan komik OLE ! menceritakan tentang suatu tim sepak bola yang bekerja keras dan berlatih terus menerus untuk menjadi sang juara.
    Jadi, jika kalian membeli komik ini pasti tidak akan menyesal karena terdapat adegan yang seru, menegangkan, dan canda tawa

     Kita dapat menyimpulkan cerita komik FIGHT !! IPPO yaitu pada pertandingan penentuan Speed King dimulai dengan adu kecepatan antara Manabu dengan Takuma. Pukulan demi pukulan dilepaskan sambil mengelak selama bergerak dengan kecepatan tinggi. Adu kecepatan yang seimbang ini pun ternyata tidak sesuai yang terlihat, karena Takuma masih menyembunyikan kukunya !.
     Saran yang dapat kita ambil adalah jangan pantang  menyerah, berusahalah sekuat tenaga, kejarlah cita-citamu setinggi langit, serta jika kamu bersungguh-sungguh dalam melakukan perbuatan pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Contoh resensi KOMIK"